Robert Bunsen

Robert Wilhelm Eberhard Bunsen (31 March 1811 – 16 August 1899)adalah seorang ahli kima dari Jerman yang meneliti spectrum dari unsur – unsur yang dipanaskan.
Robert Bunsen merupakan anak bungsu dari empat saudara seorang Profesor bahasa Modern di Universitas Göttingen, Jerman . Robert Bunsen dibesarkan dilingkungan akademik sehingga sejak kecil mempunyai minat dan ketertarikan terhadap ilmu pengetahuan sangat tinggi.
Pada usia 19 tahun Robert Bunson berhasil meraih gelar Doktor dan mendapat sebutan sebagai pelopor dalam bidang fotokimia. Selain berjasa dalam pengembangan fotokimia beliu juga bekerja sama dengan rekannya yang berasal dari Jerman bernama Gustav Kirchhoff menemukan unsur Cesium ( 1860) atau dalam symbol kimianya Cs ( 55Cs), dan Rubidium dengan symbol kimia Rb (37Rb) ditemukan pada tahun (1861).
Casium dan Rabidium merupakan materi yang berbahaya bagi kesehatan karena mengandung radioaktif tetapi yang sangat bermanfaat dan digunakan dalam aplikasi medis, hidrologi, dan alat ukur.

0 komentar:

Posting Komentar